Unsur Unsur Kebudayaan ( Negara Cina )

Unsur Unsur Kebudayaan

C. Kluckhohn didalam karyanya berjudul Universal Categories of Culture mengemukakan, bahwa ada 7 unsur kebudayaan universal yaitu :

1. Sistem Religi ( Sistem Kepercayaan )

Merupakan produk manusia sebagai homo religius. Manusia yang memiliki kecerdasan pikiran dan perasaan luhur, tanggap bahwa di atas kekuatan dirinya terdapat kekuatan lain yang maha besar. Karena itu manusia takut, sehingga menyembahnya dan lahirlah kepercayaan yang sekarang menjadi agama.

2.  Sistem Organisasi Kemasyarakatan

Merupakan produk dari manusia sebagai homo socius. Manusia sadar bahwa tubuhnya lemah, namun memiliki akal maka di susunlah organisasi kemasyarakatan dimana manusia bekerja sama untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

3. Sistem Pengetahuan

Merupakan Produk Manusia sebagai  homo sapiens. Pengetahuan dapat di peroleh dari pemikiran sendiri disamping itu didapat juga dari orang lain. Kemampuan manusia mengingat – ingat apa yang telah diketahui kemudian menyampaikannya kepada orang lain melalui bahasa, menyebabkan pengetahuan menyebar luas, lebih lebih bila pengetahuan itu dibukukan, maka penyebarannya dapat di lakukan dari suatu generasi ke generasi berikutnya.

4. Sistem Mata Pencahrian Hidup Dan Sistem Sistem Ekonomi

Merupakan Produk Manusia sebagai homo economicus menjadikan tingkat kehidupan manusia secara umum terus meningkat.

5. Sistem Teknologi dan Peralatan

Merupakan Produk dari  manusia sebagai homo faber. Bersumber dari pemikirannya yang cerdas dan di bantu dengan tangannya yang dapat memegang sesuatu dengan erat, manusia dapat membuat dan mempergunakan alat. Dengan alat alat ciptaannya itulah manusia dapat lebih mampu mencukupi kebutuhan nya daripada binatang.

6. Bahasa

Merupakan Produk dari manusia sebagai homo longues. Bahasa manusia pada mulanya di wujudkan dalam bentuk tanda ( kode ) yang kemudian di sempurnakan dalam bentuk bahasa lisan, dan akhirnya menjadi bentuk bahasa tulisan.

7.  Kesenian

Merupakan hasil dari manusia sebagai homo aesteticius. Setelah manusia dapat mencukupi kebutuhan fisiknya, maka dibutuhkan kebutuhan psikisnya untuk di puaskan. Manusia bukan lagi semata mata memenuhi kebutuhan isi perut saja, mereka juga perlu pandangan mata yang indah, suara yang merdu, yang semuanya dapat dipenuhi melalui kesenian.

Contoh Negara Cina

  1. 1.       Sistem Kepercayaan Masyarakat Cina

Pada dasar nya Pandangan Berfikir orang Cina selalu mengembalikan hakekat keharmonisan antara kehidupan “langit” (alam gaib) dan kehidupan di bumi (Alam Dunia Nyata). Mereka percaya bahwa alam semesta ini sebagai akibat dari inkarnasi kekuatan alam. Alam di kuasai oleh spirit spirit yang kekuatannya luar biasa. Menurut dasar pikiran orang Cina, seluruh fenomena alam dapar di bagi menjadi dua klasifikasi yaitu “Yin” dan “yang”  yang Berarti Positif dan Negatif. Dalam Kehidupan orang  Cina ada tiga ajaran yang mereka anut yaitu : Taoisme, Konfucianisme, dan Buddha yang suka disebut juga Tridharma.

  1. 2.       Sistem Organisasi Kemasyarakatan Negara Cina

Salah satu contoh nya adalah Badan Intelijen Cina , Republik Rakyat Cina memiliki beberapa Badan Intelijen yaitu Ministry of Public Security  (MPS) / Departemen Keamanan Publik. Yang mengurusi persoalan dalam negeri, Ministry of State Security (MMS) / Departemen Keamanan Negara. Operasi Intelijen Cina menybar dan di Kenal aktif melakukan operasi kontra intelijen di Seluruh dunia .

  1. 3.       Sistem Pengetahuan Negara Cina

Cara Negara Cina Memberantas Korupsi , saat ini Negara Cina menerapkan tiga langkah untuk memberantas korupsi yaitu : Memperbaiki Sistem Birokrasi , Meningkatkan penyidikan terhadap pegawai negeri, dan Mengawasi Kekuasaan .

  1. 4.       Sistem Mata Pencaharian Hidup dan Sistem Ekonomi Negara Cina

Budaya Masyarakat Negara Cina dalam hal mencari mata pencaharian hidup sebagian besar adalah Berdagang dan selalu bersaing secara bersama sama dalam memenuhi kebutuhan hidup untuk bertahan hidup, maka dari itu Ekonomi Negara cina sangat Maju dan Berkembang sekali secara Mendunia padahal Penduduk di  Negara Cina Berjumlah lebih dari 2 Milyar yang jumalh penduduk Terbesar di Dunia, ini adalah sesuatu yang sangat di banggakan karena dengan jumlah penduduk sebanyak itu tapi Ekonomi di Negara Cina sangat Maju sekali, sekarang Perekonomian Dunia Dapat Di Kuasai Oleh Negara Cina di berbagai Belahan dunia.

  1. 5.       Sistem Teknologi dan Peralatan Negara Cina

Sebagai Negara Berkembang Cina mengalami perkembangan teknologi yang cukup pesat, meskipun belum bisa menyamai teknologi Negara maju. Cina sudah mulai di bicarakan pengamat sebagai the next tech superpower. Cina memberikan perhatian besar pada perkembangan teknologi informasi (IT), beberapa tahun lalu, berbagai peralatan teknologi komunikasi informasi  masih berlabel “inveted in the USA” sekarang di pasaran Hong Kong  berbagai perlengkapan jaringan mulai sudah berlabel “ Made In China” selain itu, Cina juga mulai mengembangkan Teknologi di bidang militer dengan membuat pesawat tempur, tank, baja, dan berbagai persenjataan

  1. 6.       Bahasa

Bahasa Yang di gunakan Oleh penduduk Negara cina adalah Bahasa Putonghua adalah bahasa Lisan standar, kecuali di Hong Kong dan Makau dimana bahasa Kantonis biasanya di gunakan. Bahasa Mandarin Merupakan bahasa Resmi Bersama dengan Bahasa Inggris di Hongkong dan Bahasa Portugis Di Makau.  Di Daerah Minoritas, bahasa Mandarin digunakan secara Resmi hingga Batas Tertentu bersama dengan Bahasa daerah lainnya seperti bahasa Uyghur, bahasa Mongolia, dan bahasa Tibet.

  1. 7.       Kesenian

Di Negara Cina banyak sekali Kesenian kesenian yang ada salah satu nya adalah Barongsai. Barongsai adalah tarian tradisional cina dengan menggunakan sarung yang menyerupai singa. Barongsai memiliki sejarah ribuan tahun. Catatan pertama tentang tarian ini bisa ditelusuri pada masa Dinasti Chin sekitar abad ketiga sebelum masehi. Ada lagi Tarian Lampion yang menggunakan lampion pada saat menari dan kesenian lainnya adalah Kaligrafi.

Sumber           : “ Ilmu Budaya Dasar “ Oleh : Widyo Nugroho dan Achmad Muchji, Edisi Pertama Cetakan kelima, Juni 1996, Diterbitkan pertama kali Oleh Gunadarma.

www.google.com

www.wikipedia.com

www.blogger.com

Tugas Kelompok IBD (1EA03)

Suvi , Bunga, Hasya, Fikri, Farrell, Garry, Iing.

Tinggalkan komentar